All about new's bola

Friday 2 October 2015

Liga Eropa UEFA

Liga Eropa UEFA
Logo Liga Eropa UEFA


Liga Eropa UEFA
Dalam artikel di bola news kali ini, Selain Liga Champions UEFA, ternyata ada lagi kompetisi sepak bola yang dilselenggarakan oleh UEFA dalam durasi tahunan, yaitu Liga Eropa UEFA. Kompetisi yang diselenggarakan sejak tahun 1971 ini, merupakan kejuaraan sepak bola Eropa berpresisius/bergengsi kedua setelah Liga Champions UEFA. Adapun untuk kriteria klub yang bisa masuk dalam kejuaraan ini adalah berdasarkan hasil dari liga maupun kejuaraan di kompetensi domestik masing-masing. 
 
Data dan fakta mengenai kompetensi ini, yaitu:
Awal dibentuk tahun 1971 (untuk format yang saat ini digunakan sejak tahun 2009). Jumlah tim yang ikut serta dalam kompetensi ini sebanyak 48 (babak grup) + 8 klub dari babak grup Liga Champions, jadi yang ikut secara keseluruhan ada 160 klub. Juara Liga Eropa UEFA tahun 2014/15 adalah Seviila, dan klub yang paling banyak menjuarai kompetensi ini adalah Sevilla juga dengan jumlah gelar juara 4 kali.
Nama kompetensi Liga Eropa UEFA ini dikenal sejak musim 2009/10. Sejak awal berdiri tahun 1971 sampai tahun 2009/10, kejuaraan ini memiliki nama Piala UEFA. Selain perubahan nama, ada penggabungan kejuaraan lain dalam kompetensi ini. Yaitu Piala Winners UEFA pada tahun 1999. Pada tahun 2009 juga ada penggabungan dari Piala Intertoto UEFA di kejuaraan ini. Pemenang dari kompetensi ini memiliki hak untuk bertanding dalam PialaSuper UEFA.

Liga Eropa UEFA

Selama berlangsung sejak tahun 1971 sampai saat ini, ada beberapa klub yang telah berhasil menjuarai kejuaraan kelas dua wilayah Eropa ini. Tedapat 27 klub berbeda yang telah berhasil menjuarai  Liga Eropa UEFA, dengan 12 tim yang berhasil menjuarai lebih dari sekali. Adapun untuk tim Juventus, Liverpoo dan Internazionale telah berhasil menjadi juara sebanyak tiga kali. Namun sejak adanya perubahan nama di tahun 2009/10, belum pernah ada klub yang menjuarai secara berturut-turut. Di lain pihak, untuk klub yang menjuarai paling banyak adalah Sevilla dengan gelar juara sebanyak 4 kali. Kemenangan terakhir yang mengantarkanya menjadi juara  LIGA EROPA UEFA adalah dengan mengandaskan klub Dnipro Dnipropetrovsk dengan jumlah skor 3 – 2 ketika final tahun 2015.
Liga Eropa UEFA
Salah satu poster Liga Eropa UEFA

Liga Eropa UEFA
Sevilla ketika menjuarai Liga Eropa UEFA 2015

Format Kompetesi
Ada dua format yang telah terjadi selama bergulirnya kompetesi ini, yaitu format kompetisi ketika bernama Piala UEFA dan saat bernama UEFA European League.
Pada saat masih Piala UEFA, formatnya adalah babak pertama memakai format group yang terdiri dari 8 group, dimana setiap groupnya terdapat 5 klub, tiga klub dari tiap-tiap group melaju ke fase selanjutnya dengan format gugur dan kemudian ditambah dengan klub yang menempati peringkat ke tiga dari tiap-tiap group di Liga Champions Eropa. Dalam sistem gugur ini, peraturanya adalah bahwa setiap tim akan bermain sebanyak dua kali, tandang maupun kandang dan berlaku pula agregat atau keunggulan gol tandang.
Sedangkan pada saat telah menjadi nama Liga Eropa UEFA, format yang lama diganti dengan format yang baru. Yaitu bahwa jika sebelumnya ada 8 group dengan 5 klub diganti dengan 12 group dimana setiap group terdiri dari 4 klub. Demikian juga ketika dulu ada 4 pertandingan untuk setiap tim dengan rincian dua pertandingan home dan dua pertandingan away, maka untuk saat ini diganti menjadi sebanyak 6 pertandingan. Dengan rincianya setiap klub akan menjamu lawannya baik di kandang maupun tandang.melanjutkan ke fase berikutnya dengan sistem gugur dan ditambah dengan tim penghuni masing-masing peringkat ketiga grup dari Piala/Liga Champions. Di sistem gugur peraturannya, tiap tim akan bermain dua kali, dan di babak inilah bisa berlaku skor agregat/keunggulan gol tandang. Di partai final, pertandingan akan digelar sekali dan berada di tempat yang telah ditunjuk sebelumnya oleh UEFA. Sebelum 1997-98, Piala UEFA menggunakan sistem gugur murni, yaitu tiap laga dimainkan dua kali, termasuk babak final. Selain itu juga, ada penambahan klub yang ikut dalam kompetisi Liga Eropa UEFA yaitu memasukkan klub-klub yang dulu harus bertanding di Piala Intertoto ke babak penyisihan, sebab kejuaran Piala Intertoto sudah tidak diadakan lagi sejak tahun 2009.

Liga Eropa UEFA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment