All about new's bola

Thursday 1 October 2015

Liga Champions UEFA



Liga Champions UEFA
Yang dimaksud dengan Liga Champions UEFA (versi INGGRIS: UEFA Champions League) merupakan kompitisi sepak bola antar klub se-benua Eropa, dilaksanakan setiap tahun dan juga merupakan ajang perebutan gelar juara yang sangat prestisius di belantara benua biru Eropa. Dengan memenangkan kejuaraan Liga Champions ini, bisa menghantarkan sebuah klub bola yang disegani di Eropa.
Maka dari itu, banyak klub-klub papan atas Eropa yang sangat menunggu momen-momen bergulirnya Liga Champions UEFA, karena selain tensi permainannya yang sangat tinggi dan kompetitif, juga nilai gengsinya pun juga tinggi.
 Liga Champions UEFA
Logo Liga Champions Eropa

Liga Champions UEFA
Ada beberapa data dan fakta seputar Liga Champions UEFA, yaitu:
·         Awal terbentuknya                      : 1955 (baru tahun 1992 menggunakan format Liga ini)
·         Kawasan wilayah                        : Eropa
·         Jumlah tim                                 : babak penyisihan : 32 klub
       Secara keseluruhan : 76 atau 77 klub
·         Juara Liga Champions 2014-2015 (Juara bertahan) : Barcelona
·         Juara Liga Champions terbanyak                           : Real Madrid (10 gelar)
·         Situs resmi Liga Champions
www.uefa.com                 

Liga Champions UEFA, Sejarahnya
Tahukah anda bahwa pencetus pertama kali kejuaran Liga Champions UEFA ini adalah majalah olahraga prancis. Ketika pertama kali digulirkan, kejuaraan ini memperebutkan sebuah piala yang diberi nama Piala Juara Klub Eropa atau dalam versi Inggrisnya disebut European Champion Clubs' Cup. Umumnya masyarakat menyebut dengan Piala Eropa atau European Cup. Namun untuk saat ini lebih dikenal dengan Liga Champions Eropa atau European Championship League.

Liga Champions UEFA
Poster European Cup

Trofi awal Liga Champions Eropa ini dijuluki dengan nama “The Big Ears (Telinga Besar)”. Namun untuk trofi Liga Champions Eropa saat ini merupakan trofi untuk edisi yang ke-6 yang dibuat oleh Stadellman.
Untuk format kompetisinya, sejak awal bergulir tahun 1955/56 – tahun 1992/93, menggunakan format system gugur dua leg, yakni bahwa setiap klub bermain sebanyak dua pertandingan. Satu pertandingan tandang dan satu pertandingan di kandang. Adapun tim dengan hasil skor rata-rata tertinggi maka berkesempatan maju ke babak berikutnya. Selanjutnya hanya para pemenang juara liga di tiap-tiap Negara dan ditambah dengan para pemenang juara pada saat itu yang memiliki hak untuk ikut dalam kompetisi ini.

Liga Champions UEFA
Trofi European Cup

Liga Champions UEFA
Trofi Liga Champions UEFA

Di tahun 1992/93, kompetisi ini memiliki format dan nama baru. Untuk nama kompetisinya menjadi Europe Champhionship League. Sedangkan format barunya yaitu
·         TIga babak kualifikasi
·         Satu babak kompetisi group (tim-tim bermain dalam bentuk “tandang-kandang” layaknya kompetisi regular
·         Empat babak final dengan sistem gugur, dilangsungkan secara tandang dan kandang. Kecuali untuk final yang diselenggarakan di stadion yang telah diputuskan oleh UEFA.
Daftar-daftar para pemenang Liga Champions UEFA
Berikut nama-nama klub pemenang Liga Champions UEFA, diurutkan dari klub yang menjuarai paling sedikit ke klub yang menjuarai paling banyak.
·         Manchester United F.C dan F.C. Internazionale Milano (3 kali)
·         AFC Ajax (4 kali)
·         Liverpool FC, FC Bayern Munchen, dan FC Barcelona (5 kali)
·         AC Milan (7 kali)
·         Real Madrid (10 kali)

Liga Champions UEFA
Real Madrid, Juara Liga Champions Eropa terbanyak
Liga Champions UEFA
Untuk lagu resmi Liga Champions Eropa, sejak tahun 1992, Tony Britten diminta oleh UEFA untuk membuatkan sebuah lagu tema kompetisi ini. Akhirnya lagu Goerge Frideric Handel dengan judul Zadokthe Priest yang dibawakan oleh Chorus of the Academy of St. Martin in the Fields diiringi music Roval Philharmonic Orchestra menjadi lagu resmi dari Kejuaraan Liga Champions Eropa. Ada tiga bahasa resmi dalam UEFA, yaitu Inggris, Perancis, dan Jerman. Lagu dengan durasi tiga menitan, dengan dua bait pendek dan chorus ini, dimainkan sebelum dan sesudah pertandingan yang disiarkan di televise. 

Liga Champions UEFA
Tampilan saat jeda pertandingan di televisi

Liga Champions UEFA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments: